Business

Shopee Spill Upah Kurir Lebih Tinggi Dibanding Kompetitor

MilenialPos.com – Setelah jadi sorotan di media sosial, Shopee buka suara soal upah kurir logistik mereka justru lebih tinggi dari para kompetitornya atau e-commerce lain.

Semua berawal dari cuitan seorang netizen twitter yang membeberkan adanya penurunan angka yang kurir dapatkan hingga mereka melakukan demo.

Ia menyebut pihaknya telah memberikan upah kurir Shopee Express (SPX) secara kompetitif untuk industri jasa logistik. Handhika juga merinci seberapa besar upah yang setiap kurir dapatkan.

“Contohnya, jika seorang mitra pengemudi SPX di wilayah Jabodetabek membawa 80 paket dalam sehari, mereka bisa mendapatkan insentif rata-rata senilai Rp 2.213 untuk setiap paket.” Jelasnya.

Handhika juga mengilustrasikan bagaimana sistematika perhitungan untuks setiap kurir dapatkan, “Sebagai ilustrasi, rata-rata upah per paket yang ada di pasaran berkisar Rp 1.700 dan Rp 2.000 oleh jasa logistik lainnya,”

Pernyataan ini berbeda jauh dengan cuitan netizen yang membeberkan demo soal kurir SPX.

Dari pihak si oren, mereka mengatakan setiap kurir mendapat insentif Rp 2.213 per-kurir. Sementara itu, Arif mengatakan pada awal April jumlahnya turun menjadi Rp 1.500.

Selain jumlah insentif, dalam thread ini Arif juga membeberkan si oren “berlindung” dibalik kata mitra untuk menghindari jaminan lain yang perlu karyawan dapatkan.

Menurut Arif, cara kerja para kurir dengan shift sama saja dengan karyawan.

Kami menyediakan perlindungan asuransi untuk para mitra pengemudi SPX, agar dapat memberikan lingkungan kerja yang aman dan produktif,”

Kemudian, Arif juga menyebut soal upah minimum setiap kurir yang bergantung pada peraturan daerah. Sehingga, kurir logistik setiap daerah memiliki tingkat upah yang berbeda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close