KabarNasional

Peringati Hari Anak Nasional, KKP Bagikan 1,2 Ton Ikan Kembung ke Sejumlah Kota

MilenialPos.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan 1,2 ton ikan kembung untuk dibagikan ke sejumlah daerah di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Pembagian tersebut sekaligus menjadi ajang edukasi kepada anak-anak dalam peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2021.
“Kita dari KKP akan terus mendukung Bu Menteri PPPA dalam rangka mendukung peningkatan konsumsi ikan nasional,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono dalam keterangan tertulis, Jumat (23/7/2021).

Sebagai generasi penerus bangsa, Trenggono menilai anak-anak memerlukan asupan yang bergizi. Menurutnya, ikan yang mengandung banyak omega 3 menjadi konsumsi yang tepat untuk anak-anak.

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Rina menyebut kegiatan ini menjadi bentuk dukungan KKP pada peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari ini.

“Kita ikut menyemarakkan Hari Anak Nasional dengan pembagian ikan segar bermutu, yakni ikan kembung,” kata Rina.

Berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), ikan tersebut didistribusikan ke Yayasan Sanggar Kartini Ancol, Jakarta Utara sebanyak 200 kilogram dan perkampungan pemulung Limo Cinere Depok sebanyak 100 kilogram.

Lokasi lain yang menjadi target, yakni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I, Tangerang, sebanyak 200 kilogram dan Yayasan Dinamika Bantar Gebang Bekasi sebanyak 700 kilogram.

“Melalui kegiatan ini, kita ingin anak-anak bisa menikmati ikan sehat bermutu,” lanjut Rina.

Rina mengatakan bahwa mengonsumsi ikan sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Selain itu, ikan mengandung nutrisi penting guna meningkatkan imun di masa pandemi.

Diketahui, ikan kembung memiliki beberapa kandungan, seperti protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), dan niasin (vitamin B3).

Hal ini, kata dia, sejalan dengan tema Hari Anak Nasional 2021, yakni “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

“Melindungi anak-anak, sama halnya melindungi masa depan Indonesia. Semoga ini menjadi ikhtiar yang terus berkesinambungan,” jelas Rina.

Sementara itu, Menteri PPPA, Bintang Puspayoga, mengapresiasi kerja sama antara pihaknya dan KKP, khususnya BKIPM. Ia berharap, sinergitas seperti ini bisa dilanjutkan dan dikembangkan di masa mendatang.

“Terima kasih kepada Menteri Kelautan dan Perikanan. Semoga bantuan dan kerja sama ini tidak berhenti sampai di sini saja. Semoga bisa dikembangkan di masa mendatang,” katanya.

“Saya berharap bantuan-bantuan yang diserahkan benar-benar sampai kepada anak-anak yang kita cintai ini,” tutupnya.

Source : detikNews

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close