Bisnis

Pemanfaatan ChatBot Guna Memperluas Jangkauan Pasar Pada Pelaku UMKM (Esai Karya Citra Anjani)

MilenialPos.com – Halo Sobat Milenial, kembali lagi bersama sang penulis milenial ini hihihi. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin membagikan sebuah tulisan esai menarik yang ditulis oleh rekan penulis. Beliau merupakan mahasiswa bernama Citra Anjani yang berdomisili Ciputat lho! Esai ini bertema mengenai teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM. Penasaran kan?!!!!!!!! Mari kita cermati bersama yaaa Sobat Milenial….

Pemanfaatan ChatBot Guna Memperluas Jangkauan Pasar Pada Pelaku UMKM

Oleh Citra Anjani

Dimasa pandemi seperti ini, banyak faktor yang dapat menjadi pendorong atau penghalang kesuksesan bagi para pengusaha / pembisnis / pelaku UMKM, akan tetapi perlu kita ketahui salah satu elemen untuk mempertahankan sebuah usaha/bisnis adalah terus berinovasi dan kreatif. Sebelumnya perkenalkan saya Citra Anjani dari Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis semester 5 salah satu penerima Beasiswa Cendekia Baznas 2021.

UMKM adalah kegiatan bisnis/usaha yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, maupun badan usaha keci yang digolongkan berdasarkan besaran omzet per tahun, jumlah kekayaan atau aset, dan jumlah karyawan yang dipekerjakan. Untuk pengertian serta aturan secara lengkap terkait UMKM sebagaimana telah dirumuskan pada UU No. 20 Tahun 2008 tentang usaha, mikro, kecil dan menengah.

Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2008 yang dimaksud Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi  kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini. Usaha Kecil adalah  usaha  ekonomi  produktif  yang  berdiri sendiri,  yang  dilakukan  oleh  orang  perorangan  atau  badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang  perusahaan  yang  dimiliki,  dikuasai,  atau  menjadi bagian  baik  langsung  maupun  tidak  langsung  dari  Usaha Menengah atau Usaha Besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini. Usaha Menengah adalah  usaha  ekonomi  produktif  yang berdiri sendiri,  yang  dilakukan  oleh  orang  perorangan  atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan  yang  dimiliki,  dikuasai,  atau  menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau Usaha Besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.

Berdasakan data Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa tengah tercatat jumlah pelaku UMKM di kabupaten Brebes sebanyak 8371 UMKM. Kabupaten Brebes yang merupakan salah satu kabupaten terluas di Jawa Tengah, sehingga sangat berpengaruh terhadap peningkatan dan pemulihan ekonomi daerah. Namun, seperti yang sudah kita ketahui bahwa adanya penugasan operasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlangsung pada tanggal 03-20 Juli 2021 di kabupaten Brebes. Hal ini kembali menyebabkan terjadinya penurunan omzet para pelaku UMKM sebesar 70-80%, diera new normal saat ini pelaku UMKM perlu melakukan inovasi untuk mempertahankan dan mengembangkan usahanya. Untuk itu salah satu inovasi digital yang dapat digunakan masyarakat adalah ChatBot.

Mengapa harus menggunakan ChatBot?

Perkembangan teknologi informasi berbasis komputer yang pesat telah membuat banyak perubahan dalam sendi kehidupan manusia. Salah satu perkembangan teknologi terkini ialah kecerdasan buatan (artificial inteligence). Dengan adanya kecerdasan buatan, komputer dapat melakukan tugas tertentu seperti yang dilakukan oleh manusia robot chatting (chatbot). Robot chatting/Chatbot ialah salah satu program pengembangan dalam kecerdasan buatan yang dirancang untuk dapat berkomunikasi langsung dengan manusia sebagai penggunanya. Istilah Chatbot berasal dari 2 kata yakni Chat yang berarti obrolan dan Bot adalah sebuah program yang mengandung sejumlah data dimana jika diberikan masukan maka akan memberikan jawaban. Fitur chatbot dapat menjawab pertanyaan dengan membaca tulisan yang diketikkan oleh pengguna melalui keyword. 

Diera digital saat ini, hampir diseluruh penjuru dunia memanfaatkan berbagai e commerce seperti Shopee, GoJek, Grab dan lainnya sebagai solusi tempat pengembangan dalam usaha/bisnisnya. Namun berdasarkan observasi yang saya lakukan di desa Songgom kabupaten Brebes masih terdapat banyak masyarakat/pelaku UMKM yang belum bisa mengakses platform tersebut karena keterbatasan jangkauan dan memilih pemesanan melalui sistem Pre Order. Menurut saya hal ini kurang efisien apalagi dimasa sekarang banyak masyarakat yang prosesnya serba ingin cepat dan praktis, namun jika pemesanan menggunakan Pre Order/ Delivery Order pasti terdapat syarat dan ketentuan seperti minimal order dan min-maks jarak. Dengan begitu, saya ingin mengenalkan kepada para pelaku UMKM kabupaten Brebes untuk memanfaatkan fitur chatbot ini. Di samping hemat biaya operasional, secara tidak langsung teknologi ini juga dapat menunjang value bisnis, khususnya dari segi kepuasan pelanggan serta fitur ini juga dapat digunakan dengan mudah oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun.

Kemudian mengapa Chatbot penting bagi pelaku bisnis/UMKM?

Fitur Chatbot ini memudahkan operasional bisnis dan menghemat biaya customer service. Teknologi ini sangat memungkinkan pembisnis untuk bisa menjawab berbagai jenis pertanyaan ataupun masalah yang dihadapi pelanggan secara cepat dan tepat. Dengan begitu, akan membantu pelaku UMKM/pebisnis dalam mempermudah proses penjualan/pemasaran terhadap pelanggan. Bahkan, jika menambahkan fitur Chatbot ini pada website juga dapat meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan, sehingga mereka akan merasa benar-benar diperdulikan dengan apa yang mereka butuhkan.

Menurut Forbes, ada sekitar 80% pebisnis di dunia yang saat ini mulai berencana untuk mulai mengandalkan Chatbot untuk meningkatkan customer experience (pengalaman pelanggan) dalam bisnis mereka.

Bagaimana cara kerja Chatbot?

Secara sederhana, cara kerja Chatbot dengan mengandalkan keyword atau kata kunci yang sudah tertanam pada sistem. Jadi, setiap kali Chatbot memperoleh pertanyaan dari pengguna, secara otomatis ia akan menyesuaikan jawaban mana yang sesuai dengan keyword pertanyaan yang diajukan. 

Dengan begitu penggunaan Chatbot ini akan sangat membantu memudahkan masyarakat yang awam terhadap kecanggihan digital dan para pelaku UMKM untuk penjualan usahanya. Fitur yang dirancang sederhana dan dapat dipasang dengan mudah, hemat biaya serta dapat memperluas jangkaun ini pastinya akan lebih digemari oleh pelanggan dan pelaku usaha di kabupaten Brebes.

Tags

Jannatul Ma'wah

Lulusan Sarjana Pendidikan Non Formal dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,79/4.00. Pribadi yang memiliki rasa percaya diri dan semangat yang tinggi. Mampu bekerjasama dalam tim maupun secara individu. Mampu bekerja dibawah tekanan dan sangat berambisi untuk terus belajar. Memiliki banyak pengalaman baik dalam berorganisasi maupun berprestasi terutama dalam mengajar dan menulis. Ingin mengenal lebih dekat kunjungi profil Instagram @Jannah_1409 atau Jannatul.mawah1409@gmail.com

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close