Tech

Apple Rombak iPhone 17, Hadir dengan RAM 12GB dan Teknologi AI Terbaru

MILENIALPOS.com – Apple bakal membawa beberapa perubahan besar pada iPhone yang rilis pada 2025. Salah satunya, raksasa teknologi Amerika Serikat itu dikabarkan akan meningkatkan kapasitas memori yang menyimpan data sementara (RAM) pada generasi iPhone terbarunya di masa mendatang,

Bocoran dari China yang beredar di kalangan penggemar gadget menyebutkan bahwa seri iPhone 2025 atau iPhone 17 bakal dibekali dengna kapasitas RAM 12 GB. Adapaun iPhone 16 yang akan diluncurkan pada awal September besok, mengusung RAM 8GB untuk semua model.   

Sejauh ini, hanya model iPhone 15 Pro yang memiliki kapasitas RAM 8GB. Sementara varian standar iPhone 15 menggunakan RAM 6GB. 

Mengutip GSM Arena, analis TF International Securities Ming-Chi Kuo menyampaikan bahwa hanya iPhone 17 Pro Max yang akan memiliki RAM 12GB. Sisanya yakni iPhone 17, iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Slim akan mendapatkan 8GB, sama seperti iPhone SE berikutnya.

Disinyalir, alasan utama Apple meningkatkan kapasitas memori ini bukan hanya untuk meningkatkan kinerja smartphonenya. Namun, alasan utamanya yakni rencana Apple untuk terus mengembangkan fungsionalitas artificial intelligence (AI) pada perangkat. 

Google mengambil pendekatan serupa dengan ponsel Pixel 9. Bahkan model standar kini dimulai dengan RAM 12GB. Sebagian memori ini didedikasikan untuk tugas AI pada perangkat. Menjalankan AI langsung pada perangkat memerlukan daya pemrosesan dan memori yang lebih. Pada posisi inilah peningkatan RAM akan memainkan peran penting.

Peningkatan hanya pada model iPhone 17 Pro Max saat peluncurannya nanti menurut Kuo untuk meningkatkan nilai jual produk ini. Ponsel ini juga akan mendapatkan sistem pendingin yang ditingkatkan dengan menggabungkan teknologi ruang uap dengan lembaran grafit. 

Seluruh keluarga iPhone 17 akan menggunakan lembaran grafit saja, sama seperti model sebelumnya. Kuo menambahkan model Pro Max saat ini menyumbang hampir 40 persen dari penjualan iPhone. 

Produk ini menjadi pemimpin pendapatan dan laba Apple di antara produk perangkat keras lainnya. Oleh karena itu, Kuo menilai Apple akan terus menjalankan strategi diferensiasi dengan mempertahankan spesifikasi terbaik untuk Pro Max

Sementara itu, Apple bakal meluncurkan seri iPhone 16 melalui gelaran Apple Event bertajuk It’s Glowtime pada 9 September 2024. Ponsel ini akan hadir dengan berbagai model dan mengadopsi layar inovatif sehingga memiliki bezel tipis di beberapa varian.

Salah satu varian dari iPhone 16 adalah plus, yakni gawai pintar dengan spesifikasi standar yang memiliki layar lebih besar. Varian plus yang tersedia dalam seri iPhone 16 akan menjadi model plus terakhir dari Apple. Pada tahun depan, Apple disebut-sebut tidak akan lagi mengeluarkan model ini. 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close