Editorial

Pentingnya Pelaksanaan Sembelih Hewan Qurban Yang Sesuai Dengan Syariah Islam


MilenialPos.com- Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) ItQan Bandung Menggelar Seminar Sembelih Halal (SSH) Virtual 2021 : Pada hari Sabtu, 3 Juli 2021, Seminar Sembelih Halal virtual 2021 ini di selenggarakan dalam rangka menyambut hari Raya Idul Adha yang akan jatuh pada tanggal 20 Juli 2021.Tahun ini adalah tahun ke tiga dan ke dua kalinya di selenggarakan secara virtual, (SSH) virtual tahun ini menghadirkan tiga narasumber dan di pandu oleh 2 orang pembawa acara yang yakni teh Annisa (aktifis ekonomi Syariah) dan kang Adji (aktifis pengajar pendidikan islam).
Acara seminar di buka serta dihadiri oleh Bapak Yayat Supriatna (salah satu founder itqan qrup), Kang Kamal Muzaki (Ketua FOZ JABAR) dan Prof. Dr. KH. Rachmat Syafe’I, LOc, MA (Ketua MUI Jabar) yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara seminar tersebut, pada acara inti ada tiga pada sesi pertama di isi oleh Bapak Saeful Adnan S.Si.,M.Si (Ktua Pusat Kajian Halal Universitas Muhammadiyah Bandung) yang menyampaikan tentang SEMBELIH ASUH (Aman,Sehat,Utuh dan halal) pada sesi ke dua di isi oleh Drh Helen Fadma,MM, (Livestock Services Manager Indonesia Meat & Livestock Australioa) yang menyampaikan tentang SEMBELIH HEWAN terutama tata cara menangani hewan sapi brahman cross (BX) dan di sei ke tiga pengisi seharusnya Ustadz Yusuf SZ Ash Shidiq (Ketua Koordinator JULEHA Jabar & Owner Aqiqah Pusat Domba) di karenakan beliau tengah dalam kondisi tidak fit akhirnya digantikan oleh Bapak Indra Gunawan (Koordinator JULEHA kota Bandung) sebagai pemateri SEMBELIH HALAL (manajement kurban), ilmu ilmu yang di sampaikan terutama tentang manajement kurban sangat di respon positif serta peserta sangat partisipatif dalam mengikuti sesi demi sesinya.
Seminar ini menghadirkan narasumber-narasumber yang ahli dalam hal topik yang di angkat mengingat pelaksanaan qurban yang sangat penting bagi umat islam, dan menadi Hal yang paling utama yakni proses dari mulai persiapan panitia, pemeilihan hewan kurban dan dalam pelaksanaan sembelih hewan kurban serta pendistribusiannya. ada hal yang sangat prioritas Ketika seseorang menjalankan ibadah kurban yakni tujuan dari berkurbannya niatnya adalah mensyukuri segala nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita selaku umatnya. Allah befirman pada Q.S Al-Kutsar: 2 “ Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagtai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah). Selain niat yg lilahitaall masih banyak umat muslim menyepelekan hal tersebut, dan tidak sedikit juga umat muslim yang kurang paham tentang pelaksanaan menyembelih hewan qurban yang sesuai dengan tuntunan syariat islam. Pedahal pelaksanaan penyembelihan hewan haruslah sesuai dengan syariat islam. karena akan mempengaruhi baik atau tidaknya hewan yang dikurbankan dan mempengaruhi juga ibadahnya.
Maka dengan diadakannya seminar sembelih Halal virtual 2021 ini diharapkan dapat membantu umat muslim untuk belajar pelaksanaan atau cara menyembelih hewan sesuai syariat islam.dan pada sesi akhir acara kang Edwin Gafitra Setiawan sebagai ketua pelaksana SSH virtual 2021 mengucapkan jazakumuulah kepada MUI JABAR, FOZ JAWA BARAT. JULEHA JABAR, Meat & livestock Australia serta semua mitra pendukung acara. Semoga kolaborasi dan persaudaraan kita tetap terjalin, kami memohon maaf bila dalam pelaksanaannya masih di dapati kekurangan.” Tegasnya.  

Bandung, 4 Juli 2021
KSPPS bmt itQan
Alamat : Jl. Padasuka 160 Bandung
No tlp : (022) 7209247
Kontak Person : cs bmi 08112321160
Email : baithulmaalitqan1@gmail.com
Web : www.bmtitqan.org

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close