Kabar

Kita Wajib Tahu! Ternyata Begini Lho Cara Cek Lokasi Faskes Vaksinasi di Seluruh Indonesia

MilenialPos.com – Belenggu pandemi Covid-19 rupanya belum melepaskan negeri kita tercinta dari cengkeramannya. Meskipun berbagai upaya dan kebijakan telah dilakukan, terbukti bahwa Indonesia belum mampu untuk terbebas dari virus yang penyebarannya sangat cepat itu. Diketahui, bahwa virus ini menyerang sistem pernapasan manusia. Akan tetapi imunitas tubuh yang kuat dapat melawan virus tersebut. Untuk membentuk imunitas tubuh yang kuat diperlukan sebuah tindakan bernama vaksinasi. Membentuk Herd Immunity dengan melakukan upaya vaksin pada seseorang atau kelompok. Vaksin secara singkat bisa diartikan sebagai “senjata” biologis yang digunakan untuk membantu sistem imun manusia melawan penyakit.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa sistem imunitas tubuh akan meningkat setelah melakukan vaksin. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih mudah untuk melawan virus Covid-19 yang menyerangnya. Namun, bukan Indonesia namanya apabila tidak terdapat keberagaman. Termasuk berbagai macam perbedaan pandangan mengenai vaksin itu sendiri. Ada yang meyakini bahwa vaksin sangat baik bagi tubuhnya. Akan tetapi, terdapat pula yang beranggapan bahwa vaksin hanya akan menyakiti dirinya.

Tak heran, apabila masyarakat memiliki banyak keraguan dalam mengikuti proses vaksinasi. Lantaran banyaknya berita simpang-siur yang mengemukakan bahwa vaksin tidaklah baik untuk kesehatan. Pendapat semacam itu, tentu saja tidak berdasar pada sumber yang kuat. Ketua Tim Peneliti “Efektivitas Vaksin”, Kemenkes Pandji Dhewantara menerangkan pemberian vaksinasi dosis lengkap itu secara signifikan dapat menurunkan risiko dan mencegah Covid-19 bergejala.

Diketahui pula, tujuan utama dari vaksin adalah untuk menghindari penyakit. Sehingga, vaksin tidaklah berbahaya bagi kesehatan seseorang. Kebalikan daripada itu, vaksin membantu manusia untuk melawan sumber penyakit yang menyerangnya.

Disamping itu, masih terdapat banyak masyarakat yang menginginkan vaksin. Akan tetapi, tidak mengetahui atau mendapat informasi terkait fasilitas kesehatan yang tersedia. Untuk itu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memberikan “Layanan Info Faskes Vaksinasi” melalui laman https://covid19.go.id/faskesvaksin. Hal tersebut dilansir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada akun Instagramnya yaitu @kemenkominfo.

Layanan ini tersedia untuk seluruh masyarakat Indonesia. Adapun tata cara untuk melakukan cek lokasi faskes adalah sebagai berikut;

  1. Klik link https://covid19.go.id/faskesvaksin
  2. Pilih Provinsi dan Kabupaten atau Kota
  3. Tekan pilihan “Cari Sekarang”
  4. Pilih lokasi vaksinasi
  5. Hubungi nomor faskes yang tertera
  6. Lakukan pendaftaran

Marilah saling bahu-membahu untuk keluar dari pandemi Covid-19 yang membelenggu. Optimalkan diri untuk tidak berpikir sempit, lakukan kegiatan positif dan hindari status reaktif. Ingatlah untuk menjauhi virusnya, bukan orangnya! Jadi dukung terus saudara kita untuk melawan virus yang mematikan tersebut.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak).

Gunakan maskermu, selamatkan nyawamu, dan ciptakan karyamu.

Salam Berkarya, Salam Milenial.

Tags

Jannatul Ma'wah

Lulusan Sarjana Pendidikan Non Formal dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,79/4.00. Pribadi yang memiliki rasa percaya diri dan semangat yang tinggi. Mampu bekerjasama dalam tim maupun secara individu. Mampu bekerja dibawah tekanan dan sangat berambisi untuk terus belajar. Memiliki banyak pengalaman baik dalam berorganisasi maupun berprestasi terutama dalam mengajar dan menulis. Ingin mengenal lebih dekat kunjungi profil Instagram @Jannah_1409 atau Jannatul.mawah1409@gmail.com

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close