Nasional

Dibalik Trending: #PakdeMundurSaja vs #BongkarBiangRusuh

MilenialPos.com – Twitter hari ini (24/07/2021) diramaikan dengan dua tagar yang saling bersaing satu sama lain, yakni #PakdeMundurSaja dengan #BongkarBiangRusuh. Kedua tagar ini terpampang di kolom Trending Twitter, yang artinya dalam beberapa waktu dekat ramai digunakan oleh pengguna Twitter di Indonesia.

Foto: Twitter

Kedua tagar ini merupakan respon lanjutan netizen Indonesia terhadap seruan aksi “Jokowi End Game” yang sudah tersebar luas di internet. Diketahui bahwa seruan aksi tersebut akan dilaksanakan pada hari ni (24/07/2021) yang bertujuan untuk menolak diadakannya kembali PPKM.

Seruan aksi tersebutlah yang menimbulkan netizen Indonesia terbagi menjadi dua kubu pro dan kontra. Yang mana bagi kubu pro mereka sependapat dengan seruan aksi tersebut untuk menolak diadakannya PPKM, namun bagi sebagian netizen lainnya tidak setuju dan kontra dengan diadakannya seruan aksi tersebut.

Netizen yang tidak ingin diadakannya kembali PPKM beranggapan karena menurut mereka dengan adanya kebijakan ini membatasi atau bahkan mematikan kegiatan perekonomiannya, sedangkan bantuan yang diperoleh dari pemerintah tidaklah dapat mencukupi kebutuhan mereka.

Walaupun begitu, tidak sedikit juga netizen yang tetap menolak seruan aksi tersebut. Karena dalam opini mereka, seruan aksi ini bertujuan untuk menyerang pemerintahan Jokowi. Yang mana menurut mereka aksi ini hanyalah tindakan oposisi yang berusaha merebut kekuasaan Jokowi.

Kesimpulan

Sementara itu, melansir Detik. Pakar ilmu politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio, berpendapat karena keadaan ekonomi yang berat selama penerapan PPKM, membuat masyarakat ingin menyuarakan kondisi mereka. Salah satunya lewat seruan yang viral di media sosial ini.

Menurut Hendri, bila ada masyarakat yang ingin bersuara dan mengkritik pemerintah, jangan langsung dituduh ada yang menunggangi. Meski kemungkinan itu ada, lanjut Hendri, namun pemerintah sebaiknya selalu menerima masukan kritis masyarakat.

Namun, bila benar seruan aksi itu ada yang menunggangi organisasi terlarang, maka Hendri meminta pihak kepolisian segera mengusutnya.

Jadilah Milenial yang kritis

Tetap jaga prokes, salam sehat, salam Milenial

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close