Kabar

Kominfo Menyelenggarakan Workshop dengan tema “Kenali Jenis Aplikasi Tepat dan Menguntungkan Diruang Digital”

Milenialpos.com Diselenggarakan kominfo berkerjasama dengan Siberkreasi Gerakan Literasi Digital Nasional 2021 Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara. Workshop Nasional bertepatan dengan Hut RI yang ke 76 pada 17 Agustus 2021 dengan mengambil tema : “Kenali Jenis Aplikasi Tepat dan Menguntungkan Diruang Digital”.

Hadir dengan nara sumber, Koordinator Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia ( Humani ) Ahmad Zakiyuddin, S.IP. M.I.Kom. Herman Widi Karyanto, S.Sn dari digital skill and online learning, dosen host dan programmer Webinar Scholl op CBT. Kemudian Basic Knowledge dan Rules Usaha Online, Tumpak Winmark Hutabarat. Dan Erwin Siahaan Memahami Batasan Dalam Menghadapi Kebebasan Berekspresi di Dunia Digital, Anggota DPRD Kota Medan.  246 praktisi dari seluruh Indonesia.

Beliau mengutarakan bahwa “Manfat dari internet sehat yang tidak kita ketahui adalah dating (ta’aruf online).” Gurau beliau

Seperti yang sahabat Milenial ketahui bahwa banyak sekali kaum-kaum muda yang kecanduan untuk menikah muda. Dengan adanya penertiban PPKM ini membuat beberapa anak muda terbatas dalam mencari jodoh. Sajian digital ini menjadi solusi permasalahan.

Ahmad Zakiyuddin juga mengungkapkan bahaya internet yang tidak sehat seperti, Cyber Bullying. Dimana banyak sekali pembulian dari aspek verbal maupun bulian berbentuk menghina fisik.

Body Shaming, dan Cyber Stalking (penguntit), Cyber Fraud (penipuan dibidang bisnis), Phising (link alamat palsu) juga ikut meramaikan dampak negative dari Internet yag tidak sehat.

Beliau juga membagi beberapa tips nih sobat Milenial dalam menanggapi Internet sehat seperti “Jangan dengan mudah memberikan password kepada link-link yang belum tentu resmi” karena dengan satu kata kunci saja yang kita berikan berupa data pribadi, otomoatis akan langsung membuka portal data-data  privasi yang kita miliki.

Erwin Siahaan selaku nara sumber juga membagikan informasi bagaimana cara memanfaatkan dan bagaimana cara membudayakan budaya digital itu sendiri. Kita semua sepakat bahwa hal ini menjadi tantangan bersama.

Contoh yang telah memanfaatkan budaya digital adalah pembuatan sim, mengunakan  metode daring. Dalam mengatasi masalah WFH yang membuat beberapa aktivitas terhambat.

Jika kita mengunakan internet sehat kita akan mampu menjaga data privasi kita sendiri. memikirkan dulu apa yang ingin kita share, apa yang ingin kita sajikan pada masyarakat luas.  Agar meminimalisir terjadinya pembajakan akun, Tutup beliau.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close