Bisnis

Bagaimana Cara Meningkatka Wirausaha Ditengah Pandemi Covid-19 Pada Generasi Milenial

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak pemuda agar bisa menciptakan lapangan pekerjaan di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda. Supaya generasi milenial bisa meningkatkan serta mengembangkan suatu wirausaha dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Seperti yang dilansir dari kompas.com

Oleh karena itu, Sandiaga menyebut mulai saat ini, walaupun di tengah pandemi, kita harus tetap semangat. Ia menyatakan banyak peluang tersedia sekarang ini bagi para wirausahawan. Hal itu seperti kesehatan, teleconferencing, dan teleworking. Selain itu, bidang pendidikan juga terdapat Massive Online   Open Course yang bisa dikembangkan. Bidang pangan juga potensial karena kondisi sekarang banyak memutus jalur logistik dan produksi.

Menurut dia, terdapat tiga aset berharga yang dimiliki pemuda yakni pertama adalah kreativitas. Pemuda memiliki pemikiran muda yang sangat inovatif untuk mengatasi masalah, terutama dalam permasalahan kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan lingkungan berkelanjutan.

Kemudian aset yang kedua adalah kekayaan intelektual yang menjadi pembentuk nilai kreasi.

Aset ketiga adalah kemampuan kewirausahaan yang ditandai dengan keberanian mengambil risiko dan proaktif.SCROLL UNTUK LANJUT BACA

Kemudian, hal yang penting, menurut Sandiaga dalam mengeksekusi peluang tersebut adalah dengan mengoptimalisasi platform digital. “Dengan mengoptimalisasi digital, kecepatan bisnis kita akan meningkat. Tidak hanya berjualan daring saja, tetapi juga payment, fulfilment, dan advertisement,” terangnya.

Ia mengatakan, program untuk pemuda di kementeriannya tak hanya berorientasi untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi maupun mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, tetapi agar pemuda bisa membuat lapangan kerja, pekerjaan berkualitas, memperbesar kesempatan bekerja yang ada, dan mendorong UMKM

Oleh karena itu, Kemenparekraf terus memastikan pembangunan dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam digitalisasi, inovasi, dan praktik bisnis berkelanjutan bisa menjadi inti pemulihan program untuk generasi muda.

Sandiaga turut mengajak pemuda agar bisa berpartisipasi lebih jauh dalam Presidensi G20 Indonesia, salah satunya melalui masukan dan saran yang kreatif dan inovatif.

“Generasi Z dan milenial itu totalnya 55 persen dari populasi Indonesia, jadi kami membutuhkan kalian semua,” kata Sandiaga.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close