Bisnis

Tokopedia Ungkap Tantangan Perusahaan Teknologi di Era Digital

MilenialPos.com – Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkap salah satu tantangan besar bagi perusahaan teknologi di era digital saat ini.

“Sebagai perusahaan teknologi, tantangan terbesar adalah menciptakan manusianya. Sebab mereka bisa mendorong inovasi ke produk yang dibuat,” ujar Ekhel dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/7/2022).

Menurutnya, saat ini teknologi bersifat sangat dinamis. Ekhel mengutarakan kalau sekarang banyak sekali inovasi yang muncul dengan singkat dan cepat.

“Misalnya lima tahun lalu, kebayang tidak ada aktivitas browsing atau belanja dari tempat tidur? Banyak sekali inovasi yang bergerak. Hal ini pastinya menuntut perusahaan digital terus berkembang dan maju ke depan,” tutur dia.

Co-Founder & Vice Chairman Tokopedia, Leontinus A. Edison memaparkan, Tokopedia saat ini mencatat adanya kenaikan jumlah penjual dari 7 juta menjadi 12 juta sejak tahun 2019 ke 2022. Kenaikan jumlah ini banyak melibatkan UMKM dalam negeri.

“Selain itu, Tokopedia juga berkontribusi ke PDB Indonesia sebanyak 2 persen. Hal ini tak terlepas dari kehadiran inovasi teknologi dari Tokopedia,” ujar dia.

Inovasi yang diciptakan dari talenta digital itu, lanjut dia, mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari, menciptakan peluang ke UMKM, dan mendorong pemulihan ekonomi nasional sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Leontinus mencontohkan, salah satu inovasi yang ada di Tokopedia adalah voice over. Fitur ini mempermudah pengguna difabel untuk memakai aplikasi.

Selanjutnya ada inovasi logistik yang ditujukan untuk mengoptimalkan kinerja pengiriman. Dengan itu, masyarakat di seluruh Indonesia bisa menikmati dan ongkos kirim (ongkir) menjadi lebih efisien.

“Inovasi-inovasi ini tentu saja diciptakan oleh talenta-talenta digital, tak lupa kami selalu kolaborasi dengan mitra-mitra strategis. Talenta digital ini aset utama kami, investasinya pun jangka panjang,” jelas dia. (Suara)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close