Tech

Twitter Mulai Menandai Tautan ke Substack sebagai Tidak Aman

MILENIALPOS.com – Twitter telah mulai menandai tautan ke Substack sebagai tidak aman. Jika Anda mengklik tautan di Twitter yang mengarah ke substack.com, Twitter akan menampilkan peringatan terpisah yang memberi tahu Anda bahwa “tautan yang Anda coba akses telah diidentifikasi oleh Twitter atau mitra kami sebagai berpotensi spam atau tidak aman.”

Namun, jangan khawatir – berdasarkan pemeriksaan The Verge, tautan tersebut sebenarnya aman. Peringatan ini tampaknya merupakan langkah terbaru Twitter yang tidak bersahabat terhadap Substack setelah platform surat berita meluncurkan fitur “Notes” yang mirip dengan Twitter pada Rabu, 5 April

Pada Kamis, 6 April, Twitter memblokir pengguna Substack untuk menyematkan tweet ke dalam cerita mereka. Kemudian, pada akhir Kamis atau awal Jumat, Twitter mulai memblokir keterlibatan pada tweet yang mengandung tautan ke Substack; pengguna tidak dapat menyukai atau me-retweet mereka, tetapi masih bisa me-retweet mereka dengan mengutip. Kemudian, pada Jumat pagi, Twitter menerapkan pembatasan yang sama pada tweet dari akun resmi Substack.

Sementara langkah-langkah tersebut jelas tidak ramah, peringatan tidak aman dapat diklasifikasikan sebagai tindakan yang agresif. Kebijakan URL Twitter belum berubah sejak 2020, menurut catatan terakhir yang diperbarui di halaman tersebut, dan situs Substack tampaknya berfungsi seperti biasa, sehingga sulit untuk mengatakan apa alasan Twitter untuk memberikan peringatan tersebut.

CEO Elon Musk belum meng-tweet apa pun tentang Substack baru-baru ini, dan ketika dihubungi untuk berkomentar, email pers Twitter memberikan balasan otomatis berupa emoji kotor, yang telah dilakukannya sejak pertengahan Maret.

Gagasan yang muncul adalah fitur Notes dari Substack, yang menambahkan unsur-unsur yang sangat mirip dengan Twitter ke platform surat berita tersebut. Matt Taibbi, seorang jurnalis yang memiliki sejarah melaporkan cerita untuk Musk, mengatakan pada Jumat 7 April, bahwa ia diberitahu oleh pihak yang tidak disebutkan bahwa “Twitter marah tentang fitur baru Substack Notes, yang mereka lihat sebagai pesaing yang bersifat bermusuhan.” Ia juga mencatat bahwa ia diberikan pilihan untuk memposting artikel-artikelnya di Twitter daripada Substack.h

Pada Desember lalu, Musk mengatakan bahwa ia menganggap “iklan pesaing yang tanpa henti” sebagai pelanggaran kebijakan, dan memblokir berbagi tautan ke Instagram, Mastodon, Facebook, dan lainnya. Namun, pembatasan tersebut kemudian dihapus.

Kemungkinan dia telah memutuskan untuk menghidupkannya kembali sekarang setelah merasa Substack mencoba bersaing dengan Twitter, meskipun perlu diingat bahwa, setidaknya untuk saat ini, Anda masih dapat meng-tweet tautan Substack. Setiap orang yang mencoba mengikuti tautan tersebut hanya perlu mengklik peringatan untuk mengakses kontennya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close