BusinessKabar

FOKUS UMKM Nilai Penyaluran Bantuan UMKM di Kota Bandung Belum Tersosialisasikan



Bandung, MilenialPos.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengungkapkan setiap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bandung bisa memperoleh hibah sebesar Rp 2,4 juta dari pemerintah pusat. Dana tersebut disiapkan dalam rangka pemulihan ekonomi pelaku UMKM di masa pandemi Covid-19.

Forum Komunikasi UMKM (FOKUS UMKM) menilai bahwa penyaluran Dana Hibah untuk UMKM di Kota Bandung banyak kesimpangsiuran informasi prosedur dalam pengajuan permohonan Dana Hibah untuk Pelaku UMKM, hal ini menjadi dasar FOKUS UMKM dalam menyampaikan aspirasi berdialog bersama Ketua Komisi B DPRD Kota Bandung Hasan Fauzi, S.Pd, di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Senin (14/8/2020).

Dalam dialog tersebut Tedi Yusnanda N selaku Ketua Fokus UMKM Kota Bandung menyampaikan keluhannya atas sulitnya mendapatkan bantuan permodalan usaha saat ini serta mempertanyakan beberapa hal terkait dengan penyaluran Dana Hibah untuk UMKM. “Fakta di lapangan terjadi kesimpangsiuran informasi prosedur pengajuan permohonan dana hibah, antara lain persyaratan yang berubah ubah, waktu penutupan masa pendaftaran yang tidak jelas, pendaftaran online yang menyulitkan bagi yang tidak paham penggunaan online” ungkap Tedi

Tak hanya itu, Tedi melihat bantuan berupa pembiayaan senilai Rp2,4 juta bagi setiap pelaku usaha mikro dan ultra mikro dari pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang disalurkan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Bandung, belum terinformasikan dengan baik.

Pada kesempatan itu juga Ketua Komisi B DPRD Kota Bandung Hasan Fauzi, S.Pd menerangkan bahwa, Pemerintah Kota Bandung dalam hal ini Dinas KUKM bisa memprioritaskan pelaku UMKM yang tetap bertahan ditengah pandemi virus corona, Pemilahan ini diperlukan mengingat tidak seluruh sektor usaha bisa berjalan normal pada kondisi sekarang.

Hasan meyakini bila pengusaha pelaku ekonomi dan pemerintah bersinergis dengan baik, maka langkah pemulihan perekonomian di Kota Bandung bisa berjalan dengan baik.

Hasan menambahkan bahwa pada prinsipnya menerima aspirasi yang disampaikan oleh FOKUS UMKM melalui ketuanya Tedi Yusnanda N dan akan menjadwalkan audiensi untuk menjembatani aspirasi ini dengan pemangku Kebijakan di Kota Bandung melalui Dinas KUMKM Kota Bandung dalam waktu dekat. (Ichan-86)

Tags

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close