Kabar

Inovasi Kulit Kopi oleh Mahasiswa KKNM Kelompok 25 Universitas Langlangbuana

Bandung-Milenialpos.com. Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Kelompok 25 Universitas Langlangbuana ,tahun 2020 melakukan inovasi pada pengolahan kopi yang menghasilkan varian kulit kopi (Cascara Tea) Pacile, di Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang , Kabupaten Bandung.

Desa Cilengkrang merupakan suatu desa dimana mahasiswa KKN Universitas Langlangbuana hadir dalam pemberdayaan masyarakat untuk membantu meningkatkan perekonomian dalam objek olahan kopi. Mayoritas masyarakat di Desa Cilengkrang berprofesi sebagai pengolah kopi dan memiliki penghasilan dari kopi tersebut.

Desa Cilengkrang merupakan desa yang berada di dataran tinggi dengan cuaca dan kondisi geografis yang mendukung untuk menghasilkan kopi yang berjenis arabika. Kegiatan KKNM kelompok 25 dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Inne Satyawisudarini, S.E., M.M., ini membantu salah satu pengolah kopi yang bernama (Bapak Junaedi) atau biasa disapa (Abah Ading). Beliau memulai usaha pengolahan kopi sejak Januari 2019, hingga saat ini beliau memproduksi kopi arabika dengan berbagai jenis pengolahan yaitu Natural, Fullwash, Honey, dan Luwak.

Sebelum adanya kelompok 25 KKNM Universitas Langlangbuana pengolahan kulit kopi hanya dijadikan sebagai pupuk kompos dan pakan ternak. Seiring berjalannya waktu, kelompok 25 KKNM melakukan observasi terhadap kopi bersama (Bapak Junaedi) dan melakukan  inovasi terhadap kulit kopi yang dapat dikonsumsi menjadi sebuah minuman teh atau bisa disebut Cascara Tea. Cascara Tea sendiri merupakan suatu teh herbal yang diambil dan diolah dari kulit kopi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close