Foods

Asam Jawa Bukan Berasal dari Jawa?

MilenialPos.com – Halo Sobat Milenial, pada kesempatan kali ini penulis ingin membagikan info yang unik lho mengenai tanaman “Asam Jawa”.

Ternyata, Asam Jawa bukanlah berasal dari Jawa seperti dengan namanya.

Asam jawa, di kalangan masyarakat kita, tidak hanya dimanfaatkan sebagai obat tradisional tetapi juga sebagai campuran bahan masakan dan dapat dihidangkan sebagai minuman kesehatan. Meskipun namanya asam jawa, Tamarindus indica bukanlah tumbuhan asli Pulau Jawa. Asalnya dari Benua Afrika.

Penyebutan nama asam jawa berawal dari orang-orang Melayu, karena buah asam ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan Jawa.

Asam jawa sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan efektif menjaga kebersihan gigi. Salah satu jenis buah yang banyak dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai obat tradisional adalah asam jawa [Tamarindus indica].

Rasanya yang asam, sebagaimana namanya, tidak hanya memiliki khasiat untuk pengobatan, tetapi juga dapat digunakan sebagai campuran bahan masakan dan dapat dihidangkan sebagai minuman kesehatan.

Merujuk penelitian Candra Rini Hasanah Putri dari Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kesuma Surabaya, berjudul Potensi dan Pemanfaatan Tamarindus indica Dalam Berbagai Terapi di Jurnal Ilmiah Kedokteran [2014], diketahui asam jawa memiliki berbagai kandungan, yaitu senyawa fenol, glikosida, mallic acid, tartaric acid, getah, pectin, arabinosa, xylosa, galaktosa, glukosa, dan uronic acid.

Source : Glance

Tags

Jannatul Ma'wah

Lulusan Sarjana Pendidikan Non Formal dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,79/4.00. Pribadi yang memiliki rasa percaya diri dan semangat yang tinggi. Mampu bekerjasama dalam tim maupun secara individu. Mampu bekerja dibawah tekanan dan sangat berambisi untuk terus belajar. Memiliki banyak pengalaman baik dalam berorganisasi maupun berprestasi terutama dalam mengajar dan menulis. Ingin mengenal lebih dekat kunjungi profil Instagram @Jannah_1409 atau Jannatul.mawah1409@gmail.com

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close