Tech

Rahasia Apple Terbongkar: Kamera iPhone dan HP China Diproduksi Perusahaan yang Sama

MilenialPos.com – Akhirnya salah satu rahasia terbesar Apple terungkap: sensor kamera iPhone diproduksi Sony, raksasa elektronik Jepang yang juga memasok kamera untuk HP China seperti Xiaomi, Vivo, Oppo, Realme, Infinix, dan masih banyak lagi.

Rahasia ini dibongkar sendiri oleh CEO Apple, Tim Cook lewat Twitter pada Selasa (13/12/2022).

“Kami sudah bermitra dengan Sony selama lebih dari satu dekade untuk menciptakan sensor-sensor kamera terdepan untuk iPhone,” cuit Cook.

Bersama cuitan itu, Cook membagikan foto yang menggambarkan dirinya bersama CEO Sony, Kenichiro Yoshida sedang meninjau pabrik kamera di Kumamoto, Jepang.

Selama ini Apple selalu irit bicara soal komponen-komponen yang dibenamkannya di dalam iPhone, demikian dilansir dari The Verge.

Website Apple ketika membeberkan spesifikasi iPhone juga tak pernah mengungkapkan komponen yang digunakan secara rinci dan hanya memberi informasi semisal resolusi dan bukaan.

Sejak lama sejumlah analis sudah mengungkapkan bahwa iPhone memang menggunakan kamera Sony. Penyedia jasa servis gawai iFixit juga beberapa kali mengumbar jenis kamera Sony yang digunakan Apple.

Tetapi ini adalah pertama kalinya Apple, lewat bosnya Tim Cook, akhirnya mengakui bahwa Sony adalah pemasok kamera iPhone. Karenanya tak heran semua mata memperhatikan.

Sony sendiri adalah penguasa pasar sensor kamera ponsel di dunia. Raksasa Jepang itu menguasai 44 persen pasar kamera ponsel dan adalah pemasok utama merek-merek asal Tiongkok. Samsung berada di urutan kedua dengan 18 persen pasar kamera ponsel dunia.

Adapun kunjungan Cook ke pabrik Sony memberi isyarat bahwa kemitraan dengan Apple akan berlangsung lebih lama.

Sebuah laporan media Jepang, Nikkei belum lama ini mengungkap bahwa Sony sedang mengembangkan sensor kamera baru yang lebih canggih untuk iPhone dan tentu saja HP-HP China. (Rian)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close