Tech

Keputusan Elon Musk Ganti Nama Twitter sebagai X Bisa Rumit, Perusahaan Lain Juga Mengklaim

MILENIALPOS.com – Keputusan miliarder Elon Musk untuk mengubah merek Twitter menjadi X bisa rumit secara hukum karena beberapa perusahaan, termasuk Meta  dan Microsoft, sudah memiliki hak kekayaan intelektual terkait huruf yang sama.

Penggunaan huruf X sangat umum dalam merek dagang sehingga bisa menjadi permasalah hukum – dan perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter bisa menghadapi masalah sendiri dalam mempertahankan merek X-nya di masa depan.

“Peluang 100% bahwa Twitter akan mendapat gugatan oleh seseorang,” kata pengacara merek dagang, Josh Gerben, yang menghitung hampir 900 registrasi merek aktif di AS yang sudah mencakup huruf X dalam berbagai industri.

Musk mengganti nama jaringan media sosial Twitter menjadi X pada Senin 24 Juli dan memperkenalkan logo baru untuk platform media sosial tersebut, yang berupa versi hitam-putih bergaya huruf X.

Pemilik merek dagang – yang melindungi hal-hal seperti nama merek, logo, dan slogan yang mengidentifikasi sumber barang – dapat menuntut pelanggaran jika merek lain menyebabkan kebingungan konsumen. Penyelesaian masalah berkisar dari kerusakan materi hingga larangan penggunaan.

Sejak tahun 2003, Microsoft memiliki merek dagang X terkait dengan komunikasi tentang sistem permainan video Xbox miliknya. Meta Platforms – yang platformnya Threads merupakan pesaing baru Twitter – memiliki merek dagang federal yang terdaftar pada tahun 2019 yang mencakup huruf “X” berwarna biru-putih untuk bidang seperti perangkat lunak dan media sosial.

“Meta dan Microsoft mungkin tidak akan mengajukan gugatan kecuali jika mereka merasa terancam bahwa X milik Twitter mengganggu ekuitas merek yang mereka bangun dengan huruf tersebut,” kata Gerben.

Sementara ketiga perusahaan tersebut tidak menanggapi permintaan untuk komentar.

Meta sendiri menghadapi tantangan hak kekayaan intelektual ketika mengubah namanya dari Facebook. Mereka menghadapi gugatan merek dagang yang diajukan tahun lalu oleh perusahaan investasi Metacapital dan perusahaan realitas maya MetaX, dan menyelesaikan gugatan lain terkait logo barunya yang berbentuk simbol tak terhingga.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close