Travel

Saran dan Mitigasi Untuk Festival Musik di Tengah Pandemi

MILENIALPOS.com – Pandemi yang tak kunjung selesai membuat segala sesuatu menjadi sulit. Berbagai sektor industri kian padam, termasuk industri hiburan –salah satu sektor yang mungkin paling terdampak. Tak terhitung, nyaris satu tahun sejak wabah Covid-19 menerpa, sudah berapa ratus gelaran musik yang dibatalkan, dari gelaran berskala kecil sampai dengan festival berskala besar. Pelbagai upaya pun sudah dilakukan untuk menyiasati agar industri musik ini tidak mati, dari mulai festival daring sampai festival luring yang mengharuskan penonton untuk berjaga jarak, seperti konser drive-in ‘Bali Revival 2020’ atau festival musik yang diselenggarakan oleh Virgin Money Unity di Inggris dimana penonton harus berada di dalam brikade.

Baru-baru ini lintas sektor badan industri musik dunia telah bergabung dan mengeluarkan panduan serta saran resmi ihwal bagaimana festival musik dapat tetap berlangsung pada tahun depan. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menyiasati agar industri musik kembali pulih dan dapat beradaptasi dengan kondisi yang kini sedang sulit.

“Mitigasi risiko adalah apa yang dilakukan oleh promotor festival untuk mencari nafkah, jadi maksud dari panduan ini adalah untuk menguraikan pertimbangan perencanaan spesifik Covid-19 yang akan memungkinkan pendekatan penilaian risiko yang dipesan lebih dahulu dalam hubungan dengan otoritas dan instansi terkait” ungkap Paul Reed, CEO Association of Independent Festivals.

Kerangka perencanaan festival musik adaptasi baru ini dipimpin oleh Association of Festival Organizers (AFO), Events Industry Forum (EIF), dan Attitude Is Everything, bersama dengan panduan tambahan dari Department for Digital, Culture, Media & Sport (DCMS) dan Public Health England ( PHE). Sekali lagi inisiasi ini membuktikan bahwa kolaborasi memang sangat diperlukan dalam penanganan pandemi.

“Saya ingin berterima kasih kepada AIF Ops Group yang telah memimpin pekerjaan penting ini dan juga DCMS, pejabat PHE dan industri festival yang lebih luas atas kontribusi mereka yang tak ternilai.” Lanjut Paul Reed.

Saran tersebut meliputi 16 tema utama, diantaranya Event Management Plan, Covid-19 Safety Measures, Specific Mitigation Measures, dan lain sebagainya yang tentu relevan dengan keadaan pandemi saat ini. Dokumen yang disusun secara terperinci dan terbilang komprehensif tersebut mencakup saran bahwa pengunjung festival dapat dipaksa untuk menggunakan masker wajah dalam upaya mengekang penyebaran penyakit. Selain saran untuk pengunjung, dokumen ini juga menjelaskan tentang bagaimana mitigasi yang diperlukan dalam festival oleh para promotor.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close