Kabar

Satu Tahun Lebih Pandemi: IPM Jawa Barat Bedah Buku dari Sang Penyintas Covid-19 dan Do’a Bersama

dok: webinar bedah buku “Dari Jendela Rumah” PW IPM Jawa Barat

MilenialPos.com – Memperingati 1 tahun lebih wabah Covid-19, Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jawa Barat menggelar acara Bedah Buku “Dari Jendela Rumah” Karya salah satu Komisaris Independen PT. Jamkrindo M. Muchlas Rowie yang diselenggarakan secara Virtual pada Sabtu (27/04/2021).

Acara bedah buku tersebut dihadiri oleh 247 peserta yang terdiri dari 24 Pimpinan Daerah IPM Kab/Kota, 59 Pimpinan Cabang dan 556 Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah Se – Jawa Barat.

Dalam pelaksanaan bedah buku virtual tersebut, turut dibanjiri berbagai pertanyaan dari para pelajar, mengingat tidak sedikit cerita inspiratif nan unik dapat diraih dari penulis Muchlas Rowie selaku penyintas Covid 19 yang mampu berkarya ditengah situasi sulit.

Dalam kesempatan tersebut, Muchlas tak segan untuk menceritakan bagaimana kronologi dirinya terpapar Covid-19. “Begitu terpapar Covid-19 bersamaan dengan istri, saya bergumam ‘Wes Wayahne’ . dan berucap kepada istri ‘ayo Hadapi’.” Tutur Muchlas (27/04/2021)

Dalam Buku “Dari Jendela Rumah” karya Muchlas Rowie sang Komisaris Independen Jamkrindo yang merupakan kader muhmmadiyah tersebut turut dimuat berbagai pengetahuan yang coba dibagikan kepada khalayak tentang bagaimana dirinya berjuang saat terpapar Covid-19.

Mulai dari Jadwal Sehari – hari, obat – obatan yang dikonsumsi, serta pengalaman spiritualnya agar dapat menumbuhkan sikap Optimisme kepada masyarakat yang terpapar covid bahwa dengan do’a dan ikhtiar semua hal dapat dilalui.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Ketua IPM Jawa Barat M. Rofid Izzuddin, dia mengungkap kebahagiaan besar saat melihat antusiasme dan perkembangan nalar kritis para peserta dalam menelaah studi empiris dari sang penulis “Dari Jendela Rumah” secara langsung (Rakanda Muchlas Rowie).

Rofid menuturkan “Membumikan nilai penyadaran adalah langkah sederhana kita sebagai pelajar untuk memberi solusi ditengah situasi pandemi.” Ucap Rofid

“Mahakarya rakanda Muchlas Rowie “Dari Jendela Rumah” memudahkan jalan kita untuk memberi pencerdasan melalui tulisan dan ragam diskusi kepada masyarakat” Pungkasnya

Hilal Fathurrahman yang merupakan tokoh Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut. Ia menuturkan “Spirit berkarya melalui tulisan adalah bentuk nyata dari kesiapan mental dalam menghadapi situasi sulit, Rakanda muchlas Rowie telah memberikan teladan dalam konteks ini” . Tutur Hilal

Hilal menghimbau agar pelajar Muhammadiyah Jawa Barat tidak berhenti berdiskusi di agenda ini, melainkan dapat menciptakan ruang-ruang pemikiran dan banyak membaca agar tidak hanya bercakap tanpa isi.

Agenda tersebut ditutup dengan pembagian buku kepada para peserta berikut pesan yang dititipkan penulis kepada para peserta.

Mukhlas Rowie memberikan 3 pesan kepada para peserta Agenda Bedah Buku Virtual tersebut. Ia menuturkan “Pertama, Bahwa Allah SWT tidak akan memberi cobaan diluar kemampuan hambanya. Kedua, banyak mengkonsumsi makanan bergizi, perketat protokol kesehatan di setiap aktivitas. Ketiga, Persiapkan mental apabila terdampak musibah Covid-19 serta selalu yakin dengan do’a dan ikhtiar situasi apapun dapat dilalui.” Pungkas Muchlas Rowie. (Ghifar)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close