Internasional

Waw! akhirnya Windy Cantika Berhasil Bawa Indonesia Sabet Medali Pertama di Olimpiade Tokyo

MilenialPos.com – Dilansir dari CNN Indonesia — Lifter putri Indonesia Windy Cantika Aisah mempersembahkan medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 pada nomor 49 kilogram (kg) putri, Sabtu (24/7).
Mojang Bandung kelahiran 11 Juni 2002 ini meraih medali perunggu nomor 49 kg putri dengan total angkatan seberat 194 kg. Rinciannya 84 kg untuk disiplin snatch dan 110 kg untuk disiplin clean and jerk.

Windy mulai belajar angkat besi saat duduk di kelas dua bangku sekolah dasar (SD). Olahraga ini jadi pilihan karena sang ibu, Siti Aisah, merupakan mantan atlet angkat besi Indonesia yang menyumbang medali di kejuaraan dunia 1987.

Sejak itu pula ibunya kerap menceritakan pengalaman mengikuti pemusatan latihan dan kejuaraan di luar negeri. Cerita-cerita itu membekas di benak Windy sehingga ia makin bersemangat untuk menekuni olahraga angkat beban tersebut.

Saat 12 tahun, tepatnya saat duduk di kelas 5 SD, Windy dimasukkan ibunya ke klub angkat besi di Bandung. Kebetulan klub tersebut dibina langsung oleh mantan lifter nasional yang juga rekan sang ibu, Maman Suryaman.

Dalam binaan Maman, bungsu dari tiga bersaudara ini rupanya menunjukkan bakat besar. Karenanya Maman rutin mengajak Windy tampil di sejumlah kejuaraan nasional untuk mengasah mentalitas bertandingnya.

Windy mulai diperhitungkan setelah meraih satu medali emas POPNAS 2017. Tahun berikutnya ia makin berkibar dengan meraih meraih medali emas Kejurnas PPLP 2018, kemudian meraih tiga emas dalam Kejurnas Senior/Yunior Angkat Besi 2018.

Hal ini mengantarkan Windy tampil di IWF World Championship 2019 di Pattaya, Thailand. Dalam debut di pentas internasional ini Windy tak memperoleh medali.

Namun saat tampil di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2019 di Suva, Fiji, Windy menggebrak. Ia meraih medali perak untuk nomor 49 kg putri dengan total angkatan 179 kg, terdiri dari 81 kg snatch dan 98 kg clean and jerk.

Dengan prestasinya tersebut Windy lantas masuk daftar atlet yang tampil di SEA Games 2019 di Filipina. Tak tanggung-tanggung dalam debutnya di pesta olahraga Asia Tenggara itu ia langsung mempersembahkan medali emas.

Sayang saat gairah untuk terus mengukir prestasi meninggi, pandemi Covid-19 melanda. Sejumlah agenda yang akan diikuti Windy selama 2020 tak bisa dilaksanakan. Selama itu pula Windy hanya berusaha menjaga diri dengan baik.

Pada Mei 2021, akhirnya kejuaraan yang ditunggu-tunggu bisa terlaksana. Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior yang tak terlaksana pada 2020, bisa dilaksanakan di Tashkent, Uzbekistan, mulai 23 hingga 31 Mei 2021.

Tampil di nomor idealnya, 49 kg, Windy meraih medali emas. Total angkatannya meningkat tajam dibanding 2019, yakni 191 kg, dengan rincian 86 kg untuk disiplin snatch dan 105 kg untuk disiplin clean and jerk.

Medali emas ini pula yang membuatnya meraih satu tiket tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Tak sia-sia Windy berhasil memberi medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

Salam Milenial, Salam Sehat tetap berkarya

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close