Sport

Lifter Windy Cantika Ikuti Jejak sang Ibu, Raih Medali di Usia Muda

Milenialpos.com – Peraih medali pertama bagi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, Windy Cantika Aisyah rupanya mengikuti jejak sang ibu. Mereka sama-sama meraih prestasi dari ajang internasional ketika masih berusia muda.

Di usianya yang masih 19 tahun, Windy sudah berhasil mempesembahkan medali buat Indonesia. Turun di kelas 49 kg putri, Windy sukses meraih perunggu pada Sabtu (24/7) lalu. Itu melampaui ekspektasi karena PABSI tidak memberikan target medali baginya.

Raihan ini tidak lepas dari sosok sang ibu, yakni Siti Aisah. Siti Aisah tercatat dalam sejarah cabang angkat besi Indonesia sebagai satu dari tiga perempuan pertama yang ikut serta dalam ajang Kejuaraan Dunia pada 1987 di Amerika Serikat. Ketika itu, ia masih berusia 18 tahun bersama rekan di atasnya Ponco Ambarwati dan Pergunan Tarigan.

“Waktu itu saya bertiga bersama Ponco Ambarwati dan Pergunan Tarigan ke Kejuaraan Dunia di Amerika Serikat. Saat itu, atlet perempuan di angkat besi masih susah dan jarang,” tutur Siti, mengisahkan masa awal kariernya kepada detikcom di rumahnya, Kampung Babakan Cianjur, Desa Malasari, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (26/7/2021).

“Selain itu juga, cabang angkat besi di kelas perempuan baru ada di Kejuaraan Dunia pas kami ke Amerika itu,” kata Siti.

Di Amerika, mereka pulang dengan tangan kosong. Namun, pada saat Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia, di sana Siti memperoleh medali Perak.

Ia pun didaulat menjadi perempuan termuda dan pertama Indonesia yang merebut medali pada ajang Kejuaraan Dunia. Saat itu, dirinya masih berusia 19 tahun sama seperti usia Windy Cantika Aisah meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020

Source : Detik News

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close