Nasional

Terima Enam Kategori Rekor MURI saat Hari Musik Nasional, Siapa Sangka Fadli Zon Seorang Kolektor Musik

MilenialPos.com – Bertepatan dengan Hari Musik Nasional pada 9 Maret 2022, Fadli Zon terima enam Anugerah dari Museum Rekor Dunia – Indonesia Rekor MURI dengan kategori kolektor dan inisiaitor.

Hari Musik Nasional sendiri terlahir atas usulan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta, dan Rekaman Musik Indonesia (PAPPRI) yang kemudian ditetapkan pada 9 Maret dan dimulai pada tahun 2013. Tangal 9 Maret dipilih sebagai bentuk penghormatan kepada Wage Rudolf Supratman sebagai pahlawan nasional pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang lahir pada 9 Maret 1923.

Pada peringatannya di tahun ini, Fadli Zon mendapatkan enam Anugerah yang lima di antaranya adalah rekor MURI dan satu Rekor Dunia-Indonesia. Lima anugerah terdiri dari Kolektor piringan terbanyak sejumlah 10.020 pcs, Kolektor Gramofon Indonesia Terbanyak sejumalh 1.050 pcs, Kolektor Plate Cetakan Prangko Bahan Kaca, Proof Netherlands Indies Seri dengan Tanda tangan Pengesahan untuk Cetak Terbanyak sejumlah 270 pcs, Kolektor Blencong Terbanyak 50 pcs. Dan satu penghargaan untuk kategori Inisiator sebagai Orang Indonesia Pertama Penerima Medali Emas Kelas Koleksi Filateli Picture Postcard Dalam Pameran Filateli Dunia.

Fadli Zon mengaku mulai mengoleksi piringan hitam sejak dua puluh tahun silam dan kebanyakan piringan hitam tersebut adalah lagu-lagu Indonesia dari era 1930-an sampai saat ini. Sedangkan untuk lagu musisi luar hanya mengoleksi yang dikategorikan antik (collectible item) seperti musik jazz era 1920-an sampai 1930-an.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close