Kabar

Pemudi Asal Jabar, Tampilkan Seni Bela Diri “IBING PENCA” di Forum BEST DIPLOMATS

MilenialPos.com – Jawa Barat memiliki banyak seni tradisional dan Budaya yang beragam dari mulai seni tari, Seni suara dan juga Seni Pencak Silat. Khususnya Seni Pencak Silat yaitu dikenal dengan Ibing Penca dari Jawa Barat. Melihat perkembangan zaman sekarang, sedikit Pemuda/i di Indonesia khususnya Jawa Barat mengenal Seni Tradisional yang ada di daerahnya.

Berbeda dengan Diah Apriliani sosok Pemudi Asal Jawa Barat yang berhasil memperkenalkan Ibing Penca dalam Forum Internasional yang diadakan oleh World Youth Model United Nations (WYMUN) dalam Program BEST DIPLOMATS yang diselenggarakan di Bangkok Thailand pada 3-7 November 2022.

Diah Apriliani merupakan salahsatu delegasi dari Indonesia yang berhasil mengikuti program tersebut dan dihadiri kurang lebih 200 Peserta pemuda/i dunia yang berasal dari 70 Lebih Negara. Dalam sesi khusu cultural Perfomances, Diah berhasil menampilkan seni Ibing Penca Pencak Silat sebagai identitas seni-budaya asal Indonesia di depan para pemuda Internasional.

Diah mulai tertarik dan belajar Pencak Silat di Paguron Kusumah Harapan Pusat Cigondewah Bandung pimpinan H. Tedy Yusuf yang juga mendapat dukungan dari Ketua DPD PPSI Kota Bandung, Asep Rohanda.

“Dalam melestarikan Budaya di Indonesia Khususnya Jawa Barat, tentulah harus mulai dari diri kita sendiri. Saya sangat bangga sekali bisa memeprkenalkan salah satu Seni Tradisional ini khususnya Ibing Penca dari Jawa Barat dalam Forum Internasional. Semoga ini dapat memotivasi para pemuda/i yang lainnya untuk tetap menjaga dan melestarikan seni dan budaya yang ada di Indonbesia” Ucap Diah.

Diah juga menceritakan pengalamannya dalam mengikuti program BEST DIPLOMATS, dimana Pemuda/i Dunia lebih dari 70 Negara hadir dan ikut serta diskusi dan juga melaksanakan simulasi Sidang layaknya dalam model pelaksanaan sidang PBB.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua DPD PPSI Kota Bandung Asep Rohanda yang juga memberikan semangat dan salam sukses serta harapannya bahwa Pemuda/i Jawa Barat harus bisa menjaga budaya leluhur dan melestarikan budaya yang ada bahkan sampai kancah internasional.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close