KabarKejadian

Diduga Meteor Jatuh, Bola Api Besar Melintasi Langit Norwegia

MilenialPos.Com – Laporan penampakan mulai tiba sekitar pukul 01.00 dini hari waktu setempat, dengan fenomena yang terlihat sejauh utara Trondheim. Sebuah kamera web di Holmestrand, selatan Oslo, menangkap bola api yang jatuh dari langit dan meledak menjadi kilatan terang yang menerangi marina.

Jaringan Meteor Norwegia sedang menganalisis rekaman video dan data lainnya pada hari Minggu untuk mencoba menentukan asal dan tujuan meteor tersebut.

Data awal menunjukkan sebuah meteorit mungkin telah menabrak Bumi di daerah berhutan besar, yang disebut Finnemarka. Wilayah itu berjarak 60 km arah barat Oslo.

“Ini gila,” kata salah satu anggota Jaringan Meteor Norwegia, Morten Bilet.

Bilet mengatakan tak ada puing-puing yang ditemukan di lokasi. Dia menduga hal ini disebabkan kondisi lokasi jatuhnya meteor tersebut berada pada hutan yang luas.

Meteor itu melaju dengan kecepatan 15-20 km per detik dan menerangi langit malam selama sekitar lima hingga enam detik. Langit musim panas gelap, dengan hari-hari mulai semakin pendek dari akhir Juni.

Beberapa saksi mata juga mengatakan mereka merasakan hembusan angin yang lebih kuat dengan peristiwa itu juga menyebabkan gelombang tekanan.

“Apa yang kami alami tadi malam adalah sebuah batu besar yang bergerak kemungkinan dari antara Mars dan Jupiter, yang merupakan sabuk asteroid kami. Dan ketika itu mendesing, itu menciptakan gemuruh, ringan dan kegembiraan besar di antara kita (ahli) dan mungkin beberapa ketakutan di antara yang lain,” kata Bilet.

Tidak ada laporan kerusakan atau orang-orang yang sangat ketakutan. Bilet mengatakan bagi orang-orang yang melihat dari dekat mungkin menganggap peristiwa itu kejadian yang seram.

Source : detikNews

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close