Life Style

Kesehatan Mentalmu Terganggu? Lakukan Ini!

Milenialpos.com – Halo Sobat Milenial, siapa disini yang merasa bahwa kesehatan mentalnya sedang terganggu? apakah sobat sendiri? kerabat atau keluarga? teman atau sahabat? tetangga atau pun saudara atau siapa pun itu?

Kesehatan mental tengah menjadi perbincangan khalayak ramai ditengah belenggu pandemi yang masih menyelimuti. Bukan tidak mungkin bahwa kesehatan mental kita memang terganggu, baik disadari atau pun tidak. Namun, penulis memiliki beberapa rekomendasi yang dapat Sobat Milenial lakukan lho hihi.

Sobat dapat melakukan tes kesehatan mental secara online dengan akses gratis lho. Tips dari penulis, tes-tes tersebut mungkin saja belum begitu akurat. Akan tetapi, hal tersebut dapat sedikit memberi ketenangan atau ruang dalam hati kita. Secara emosional, kita akan merasa bahwa ada seseorang yang memperhatikan serta mempedulikan dengan menanyakan keadaan dan kondisi kita. Disaat kita tidak ingin seseorang yang kita kenali mengetahuinya. Tes ini bisa menjadi salah satu hal yang membuat hati kita sedikit lega.

Penulis sudah beberapa kali mencoba tes-tes tersebut dari berbagai platform yang berbeda. Selain mendapatkan hasil tes, penulis merasakan adanya sedikit beban yang berkurang dengan menuangkannya dalam pengisian tes. Bukan karena kita tidak mempunyai teman, dan bukan karena tidak ada yang peduli terhadap kita lagi. Namun, penulis memahami dengan sangat jelas bagaimana rasanya ketika kita tidak mampu menambah beban orang lain. Kita sudah dipaksa untuk terbiasa untuk menanggung semua beban yang datang seorang diri. Itulah penyebab kesehatan mental seringkali dipertanyakan. Entah dari faktor internal maupun faktor eksternal.

Sobat Milenial juga dapat mencatat setiap permasalahan, beban, serta hal-hal yang tidak kita sukai namun terus-menerus terjadi. Sobat dapat mencatatnya pada sebuah Noted smartphone, Ini gratis! Tuliskan apa yang Sobat rasakan, pikirkan, serta alami pada aplikasi tersebut. Meskipun hal seperti ini dapat Sobat tuliskan pada buku diary. Namun dalam aplikasi Noted tersedia fitur kode pin, pola, atau pun sistem finger print yang dapat menjamin privasi sobat lho! Betapa mudahnya buku diary yang kita miliki tidak sengaja terbaca oleh orang di rumah atau teman kita ketika berkunjung. Untuk itu, penulis lebih merekomendasikannya pada aplikasi bawaan smartphone ini.

Pastikan bahwa Sobat mengecek apa saja yang Sobat tuliskan secara berkala. Hal ini dapat digunakan sebagai alat reminder, bahwa kamu sudah mampu melewati permasalahan tersebut dan tumbuh menjadi lebih kuat. Ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mental kita, sangat baik pula untuk mengapresiasi diri kita sendiri. Jika kita tidak mendapat apresiasi atas apa yang sudah kita lakukan dan dapatkan dari orang lain. Maka apresiasikan dirimu sendiri! Bahagia kita yang buat! Berapa banyak kalimat kaya gini bertaburan sejagad maya? SANGAT BANYAK! Apakah hasilnya akan sebanding dengan apa yang orang lain sarankan? Itu tergantung pilihan kita sendiri Sobat!

Lakukan kedua hal yang penulis rekomendasikan diatas dan rasakan perubahan kesehatan mentalmu baik dalam jangka pendek serta jangka panjang.

Sayangi diri, sayangi hati. sayangi mental pribadi dan berikan apresiasi diri

Kamu pilih menunggu kebahagiaan itu datang atau kamu sendiri yang akan menjemputnya?

Salam Sehat. Salam Milenial

Tags

Jannatul Ma'wah

Lulusan Sarjana Pendidikan Non Formal dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,79/4.00. Pribadi yang memiliki rasa percaya diri dan semangat yang tinggi. Mampu bekerjasama dalam tim maupun secara individu. Mampu bekerja dibawah tekanan dan sangat berambisi untuk terus belajar. Memiliki banyak pengalaman baik dalam berorganisasi maupun berprestasi terutama dalam mengajar dan menulis. Ingin mengenal lebih dekat kunjungi profil Instagram @Jannah_1409 atau Jannatul.mawah1409@gmail.com

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close