Kampus

KKN-MBKM 2022, Unfari Laksanakan MoU dan MoA Bersama 34 Desa di Jawa Barat

MilenialPos.com – Dalam rangka peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan untuk membantu percepatan pembangunan Desa khususnya yang ada di Provinsi Jawa Barat, Rektor Universitas Al-Ghifari (Unfari) dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unfari tandatangani kesepakatan kerjasama MoU dan MoA Bersama 34 Kepala Desa, yang turut disaksikan jajaran pimpinan Universitas Al-Ghifari, Bandung, Senin (20/6/22).

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) ini dilakukan di acara Ekspos Perencanaan Program Kuliah Kerja Nyata Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (KKN-MBKM) Terintegrasi tahun 2022, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas akademis, keterampilan dan pengalaman dosen dan mahasiswa di luar kampus, serta meningkatkan percepatan pembangunan di wilayah pedesaan yang berbasis pada Sustainable Development Goals (SDGs) Desa, melalui pendekatan program merdeka belajar-kampus merdeka (MKBM) mengabdi di desa, dengan mengusung tema “Unfari Mengabdi Membangun Desa Mandiri”.

Pada sambutannya, Rektor Universitas Al-Ghifari, Dr. H. Didin Muhafidin, M.Si., menuturkan harapannya atas kerjasama yang dilakukan agar insan pendidikan tinggi bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa. “Pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi melalui KKN-MBKM Universitas Al-Ghifari tidak hanya menghadirkan manfaat bagi 34 desa, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas IKU (Indikator Kinerja Utama) Perguruan Tinggi ”,Tuturnya.

Selanjutnya, Ketua LPPM Unfari, Dr. H. Gunawan Undang, M.Si., selaku leading sektor kegiatan KKN-MBKM mengharapkan agar kegiatan KKN kali ini bisa menjadi samudra kehidupan mahasiswa untuk belajar mengarungi derasnya arus perubahan yang begitu cepat, serta kehadirannya dapat menggali potensi desa. “Mahasiswa, dosen pembimbing lapangan, dan pemerintah desa dapat fokus berkolaborasi untuk menggali masalah-masalah dan potensi desa sehingga mampu meningkatkan daya saing desa. Mahasiswa dan dosen juga bisa mendapatkan pengalaman beraktivitas di luar kampus, yang menjadi nilai tambah bagi peningkatan kualitas insan dikti di Universitas Al-Ghifari” Tambahnya.

Taufiq Rahmat, SE., MM., selaku Ketua Pelaksana KKN juga menjelaskan bahwa kegiatan ekspos perencanaan program KKN-MBKM ini dilaksanakan agar daya tawar inovasi pengembangan yang akan dilaksanakan di desa betul-betul tepat sasaran sesuai dengan masalah dan potensi yang ada di desa masing-masing.

Perwakilan Pemerintah Desa yang diwakili oleh Kepala Desa Mekarsari Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, Ferry Januar Pribadi menyampaikan terima kasih kepada civitas akademika Universitas Al-Ghifari yang telah menunjuk desanya sebagai salah satu mitra strategis dalam pelaksanaan KKN-MBKM. “Kami berkomitmen untuk menjadi mitra Unfari dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui MoU dan MoA ini, kami akan senang hati menjadi Desa Binaan Unfari”. Jelasnya.

Di akhir pertemuan, Rektor, Ketua LPPM, Jajaran Pimpinan, dan Ketua Pelaksana KKN-MBKM Universitas Al-Ghifari menyerahkan cenderamata kepada Kepala Desa Mekarsari dan dilanjutkan dengan berfoto bersama.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close